Tentang Jababeka

PT Jababeka Tbk didirikan pada tahun 1989 yang mengembangkan kota mandiri dan terpadu seluas 5.600 ha yang menjadi 3 bagian kawasaan yaitu kawasan Residensial , Commersial dan Industri . Kota Jababeka terletak 35km sebelah timur dari pusat bisnis Jakarta dan mencakup daerah Cikarang, yang merupakan bagian dari Kabupaten Bekasi. Luas Kabupaten Bekasi 150.000 ha dan berbagi perbatasan dengan Kabupaten Karawang di sebelah Timur, Bogor di sebelah Selatan dan Jakarta di sebelah Barat. Laut Jawa terletak di Utara Kabupaten Bekasi.

Kota Jababeka adalah sebuah pengembangan kota mandiri yang sudah matang, dimana kini sekitar 60% telah dikembangkan dari total 5.600 hektar lahan dan telah mempunyai sekitar 1.650 perusahaan nasional dan multinasional dari 30 negara (diantaranya Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, Australia, Jepang, China, Taiwan, Singapura, Malaysia, dll) dan telah mempekerjakan lebih dari 700.000 pekerja dan 4.300 ekspatriat.

Dengan meningkatnya ukuran dan jumlah penduduk di Kota Jababeka, kebutuhan untuk mendukung dan fasilitas rekreasi muncul , dan kemudian Perusahaan menambahkan sebuah taman pendidikan , pusat bisnis , lapangan golf , klub bisnis , dan beberapa fasilitas lain , di mana titik Perseroan menjadi pengembang kota mandiri yang berhasil . Dengan peresmian Power Plant dan Dry Port , Perusahaan menempatkan moto Beyond Property dalam praktek , yang kemudian didukung oleh proyek-proyek pembangunan Mix Perusahaan telah berkembang menjadi perusahaan berintegrasi, yang menawarkan berbagai macam real estate dan produk infrastruktur serta fasilitas logistik dengan mengawali proyek dry port .

Lokasi Jababeka

Masterplan Jababeka

Keunggulan Jababeka

Jababeka Tbk mengadopsi nilai – nilai dan gaya hidup baru dalam pengembangan kawasan skala kota berbasis industri . Dengan bersinergi nya antara kawasan Residensial , Commersial dan Industri membentuk kualitas SDM yang produktif .

  • Pengembangan Pembangunan
  • Pengembangan Infrastruktur
  • Pengembangan Sarana dan Pra Sarana

Sebagai komitmen Jababeka dalam mendukung kawasan yang hijau dan ramah lingkungan, Jababeka dianugerahi Piagam Penghargaan PROPER tingkat Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia pada tahun 2009 dan 2011.

Kota Jababeka dapat diakses dengan mudah dari jalan tol Bekasi-Cikampek (jalan raya) dan dilayani oleh gerbang tol Cikarang Barat & Lemahabang kilometer 31 (pintu keluar jalan tol di kilometer 28). Waktu jarak tempuh antara Kota Jababeka dan Jakarta Pusat dengan mobil adalah sekitar 1 – 1,5 jam .

Infrastruktur Kawasan Jababeka

Pengolahan Air Bersih

Jababeka menempatkan penyediaan air bersih sebagai hal yang terpenting . Dua unit pabrik pengolahan air dengan kapasitas gabungan besarnya lebih dari 60.000 meter kubik per hari, yang dapat diperluas hingga hampir 80.000 meter kubik , sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh anak perusahaan Jababeka Infrastruktur .

Pengolahan Air Limbah

Kota Jababeka dilengkapi dengan dua pabrik pengolahan air limbah, dengan kapasitas gabungan besarnya hampir 35.000 meter kubik per hari (dapat ditingkatkan menjadi 42.000 meter kubik), yang sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh anak perusahaan Jababeka Infrastruktur , Sebagai komitmen Jababeka dalam mendukung kawasan industri hijau dan ramah lingkungan, Jababeka dianugerahi Piagam Penghargaan PROPER tingkat Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia pada tahun 2009 dan 2011 .

Pembangkit Listrik

Pembangkit Listrik ini terdiri dari turbin gas 6B yang canggih, diproduksi oleh General Electric Energy dengan kapasitas masing-masing 40 – 42 MW sesuai rating ISO. Selain itu, ada dua generator uap dari Thermax Babcock and Wilcox Limited. Siklus gabungan ini dilengkapi oleh turbin uap dari Shin Nippon dengan kapasitas 46 – 50MW yang didorong oleh suhu uap bertekanan tinggi dari kedua generator uap, ditembakkan menggunakan gas buang dari turbin-turbin gas. Total kapasitasnya mencapai 130MW.

Cikarang Dry Port

Cikarang Dry Port terletak secara strategis di Kawasan Industri Jababeka pada jantung kawasan manufaktur terbesar di Jawa Barat dan di Indonesia, rumah bagi lusinan Kawasan Industri dengan lebih dari 2.500 perusahaan, baik perusahaan multinasional maupun usaha kecil dan menengah (UKM).

Fasilitas Kawasan Jababeka

Al Azhar Jababeka

Disinilah Generasi Milenial Meraih Masa Depan Sekolah & Universitas Al Azhar
Membangun Keunggulan, Mempersiapkan Generasi Muslim Gemilang Indonesia Untuk Terwujudnya Izzul Islam Wal Muslimin

Sekolah Santo Leo III Jababeka

KBB, TK, SD, SMP, SMU Santo Leo III
Alamat : Jl. Cipto Mangunkusumo Blok 5B, Jababeka,, Cikarang, Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 17530

BPK Penabur Jababeka

Ada pun Yayasan BPK PENABUR Jakarta sendiri merupakan salah satu yayasan di bawah naungan GKI Sinode Wilayah Jawa Barat. Sedangkan Sekolah PENABUR Kota JABABEKA mulai beroperasi pada tanggal 18 Juli 1997,  mulai dari Jenjang TKK dan SDK saja.

Pada tanggal 31 Januari 2003, SDK PENABUR memperoleh Ijin Operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. Dan pada tanggal 10 Mei 2004 Terakreditasi ’A’ (sangat baik) oleh Badan Akreditasi Sekolah Swasta (BASS) Kabupaten Bekasi.

Meskipun hingga saat ini SDK PENABUR Kota JABABEKA  telah lima kali meluluskan siswa-siswinya, namun baru pada tahun pelajaran 2008/2009 yang akan datang dibuka untuk Jenjang SMP, ketika sudah menempati lokasi gedung baru di Education Park Jl. Douwes Dekker no. 1, Kota JABABEKA..

SMA President Jababeka

SMA Presiden (Boarding School) mendidik siswanya dengan pendidikan karakter, disiplin dan kemandirian, mempersiapkan mereka melanjutkan ke perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang terkemuka. Terletak di kawasan strategis, tepat diantara Bandung dan Jakarta yaitu Kota Jababeka yang lengkap dengan fasilitas olahraga, botanical garden, klinik dan rumah sakit, dikelilingi oleh 1.400 perusahaan dari 27 negara yang berguna bagi mereka dalam pembelajaran seperti kunjungan industri, pengenalan iptek, dan direct learning.

SMA Presiden yang merupakan sekolah asrama terbaik di Indonesia dikelola oleh para praktisi pendidikan yang berpengalaman, didukung oleh tenaga pengajar yang berkualifikasi S1, S2 dan S3 yang sesuai dengan disiplin ilmu binaannya. Pengembangan SDM menjadi perhatian yang sangan serius bagi SMA Presiden sehingga program-program peningkatan kualitas tenaga pengajar selalu diberikan seperti training, IHT, seminar dan short course.

President University

Rencana konseptual President University pertama kali dirumuskan pada September 1997 oleh S. D. Darmono, Ketua Grup Jababeka dan Prof. Donald W. Watts, yang adalah Presiden Bond University, Queensland dan Wakil Kanselir Curtin University, Australia Barat.  Tujuan dari Universitas yang mereka usulkan adalah untuk menciptakan sebuah institusi pembelajaran yang akan mempersiapkan para pemimpin industri dan masyarakat di masa depan dengan memberi mereka keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk unggul setelah lulus.

Lembaga ini resmi beroperasi pada tahun 2001, menawarkan gelar Sarjana Teknik.  Pada saat itu, lembaga itu disebut Sekolah Tinggi Teknik Cikarang.  Pada 16 April 2004, Departemen Pendidikan memberikan status resmi President University sebagai universitas penuh.

Meskipun sebagai universitas yang relatif muda, President University (PresUniv) tumbuh pada tingkat yang luar biasa setiap tahun.  Sekarang ada sekitar 5.000 mahasiswa yang menghadiri President University dari Indonesia dan juga banyak negara lain.  President University telah memperluas penawaran programnya dan sekarang menawarkan 14 jurusan yang berbeda dalam berbagai bidang mulai dari Teknik Industri hingga Hubungan Masyarakat.

President University terletak di Jababeka Education Park di Kota Jababeka, dikelilingi oleh Kawasan Industri Jababeka dengan lebih dari 1.700 perusahaan nasional dan multinasional seperti Unilever, Mattel, Samsung, Mulia, ICI Paints, dan lainnya.  Lokasinya juga memungkinkan siswa untuk menggunakan fasilitas kelas dunia seperti Jababeka Golf & Country Club dan President Executive Club.

Project Jababeka

Project Yang Sedang Dipasarkan & Masih Dipasarkan

1). Residensial

2). Commersial

3). Jababeka Industrial Estate